Menu Buka Puasa: Kue Basah Lupis Legit

Menu Buka Puasa: Kue Basah Lupis Legit,- Sebagai makanan tradisional khususnya berasal dari Jakarta, kue kue basah bernama kue lupis ini masih menjadi kue favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski sudah tak sepopuler kue basah yang lain, tapi kue lupis masih memiliki tempat di hati masyarakat yang memang mencintai kue tradisional.

Kali ini, saya akan memberikan resep bagaimana membuat kue lupis yang gurih namun juga sangat legit dan menggugah selera. Karena rasanya yang gurih sekaligus legit, kue ini juga sangat cocok digunakan sebagai menu takjil buka puasa. Berikut ini adalah bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kue lupis dan cara membuatnya. Simak baik-baik ya…

Bahan Lupis

300 gram beras ketan (rendam 1 – 2 jam, tiriskan)
1/2 sdm air kapur sirih
50 gram kelapa parut (pilih kelapa yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda)
1 lembar daun pandan
Garam (secukupnya)
Daun pisang dan tali bambu atau rafia untuk membungkus lupis

Bahan Saus

500 gram gula jawa (sisir halus)
250 ml air
1 lembar daun pandan

Cara Membuat

Masukkan air kapur sirih ke dalam beras ketan lalu campur hingga rata. Ambil daun pisang, bentuk contong segitiga lalu masukkan beras ketan ke dalamnya. Selanjutnya, tutup rapat daun pisang dan ikat dengan tali yang sudah disiapkan.
Jika semua beras ketan sudah terbungkus di dalam daun pisang, panaskan air hingga mendidih lalu masukkan beras ketan di dalamnya. Rebus beras ketan ini sampai matang kira-kira selama 4 sampai 5 jam.
Sambil menunggu lupis matang, buat saus untuk lupis dan taburan kelapa parut di atasnya.
Rebus 250 ml air lalu masukkan gula jawa yang telah disisir bersama daun pandan. Rebus gula hingga cukup mengental dan mendidih lalu saring agar saus bertekstur lembut. Saat menyaringnya, tunggu hingga agak saus gula cukup dingin.
Kukus pula kelapa parut yang telah diberi sedikit garam kira-kira selama 15 menit.
Ketika kue lapis sudah matang, angkat dan tiriskan.
Lepas daun pisang untuk membungkus lupis, gulingkan lupis di atas kelapa parut, letakkan di atas piring saji lalu siram dengan saus gula merah.
Kue basah lupis legit pun sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.

Ladies, itulah menu takjil buka puasa yang tak hanya nikmat tetap juga mengenyangkan. Bagaimana, untuk membuat kue lupis sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan sajikan kue ini untuk keluarga tercinta di rumah ya.

Posted by : obatjantungbocor.idkes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *